Resep Kue Kuping Gajah Renyah Empuk Mantap

Kue Kuping Gajah merupakan salah satu camilan jadul yang masih nge-hitz hingga sekarang. rasanya yang enak, manis, dengan sedikit gurih khas santan membuat kue ini disukai banyak orang. dari anak kecil hingga orang dewasa kami rasa jarang sekali yang dapat menolak kelezatannya. Kue Kuping Gajah ini memang termasuk kue kering yang enak dan renyah, jadi paling cocok sebagai kletikan/camilan keluarga saat nonton tv.
Ciri khas dari Kue Kuping Gajah biasanya terlihat dari warnanya yang berwarna-warni. dari warna coklat, hitam, hijau, merah dengan kombinasi kuning/putih yang merupakan Kue Kuping Gajah versi klasik atau originalnya. lalu Kue Kuping Gajah dengan sedikit sentuhan variasi warna-warni rainbow/pelangi cantik seperti Kue Lidah Kucing yang membuat tampilan Kue Kuping Gajah ini semakin menarik dan menggoda selera untuk segera mencicipinya. eummm nyumii ..

Kue Kuping Gajah yang sering menjadi pengisi toples lebaran ini memang mempunyai nama yang cukup aneh. entah dari mana asalnya sehingga kue kering yang empuk ini disebut Kue Kering kuping gajah. memang sedikit nyleneh dan ekstrem ya, mungkin saja karena bentuknya yang lebar bulat memanjang seperti kuping gajah asli. yah, apapun itu namun kue kuping gajah ini selalu meramaikan sajian lebaran Idul Fitri dan acara-acara special lainnya.
Ketika Lebaran Idul Fitri tiba biasanya Kue Kuping Gajah ini disajikan dengan aneka Kue Kering Khas Lebaran Lainnya. seperti Kue Bawang, Kue Putri Salju, Kue Sagu Keju, Kue Nastar Nanas, Kue Candy Pop Snow, Kue Kering Kacang Tanah, Kue Coklat, Kue Kering Gulung Vanila Coklat, Kue Kastengel, wafer, astor, Kacang Bawang dan lain sebagainya. Kue Kuping Gajah seringkali dijual di pasar, supermarket, hingga penjual snack curah yang dijual mulai dari per ons hingga per kilo gram.
Cara membuat kue kering kuping gajah ini sangatlah mudah. anda tidak perlu menggunakan mixer, oven atau peralatan baking lainnya yang ribet. anda cukup mencampur dan mengaduk semua bahan seperti tepung terigu, telur, gula halus, santan, maragrin, coklat bubuk, garam dan vanili sampai tercampur rata dan kalis, lalu digulung, dipotong-potong, dan terakhir digoreng hingga matang. tak perlu membutuhkan waktu yang lama dalam membuatnya, cemilan homemade yang enak, renyah dan empuk seperti kue kuping gajah pun siap tersedia dirumah.
Nah, dari pada anda penasaran akan Resep Kue Kuping Gajah nya, yuck segera disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Kue Kuping Gajah seperti berikut ini. segera dicoba ya, semoga sesuai selera
Resep Kue Kuping Gajah dan Cara Membuatnya
kue kuping gajah
Resep Kue Kuping Gajah dan Cara Membuatnya
Bahan-bahan Kue Kuping Gajah :

  • Tepung terigu protein rendah/sedang 250 gram
  • Telur 1 butir
  • Gula halus 80 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Vanili 1/4 sendok teh
  • Santan kental atau instan 65 mili liter/1 bungkus kecil
  • Margarin 1 sendok makan
  • Coklat bubuk 1 sendok teh ( bisa sesuai selera/secukupnya )

Cara Membuat Kue Kuping Gajah :

  1. Langkah awal, campur semua bahan kering, kemudian tambahkan margarine, telur, dan santan dengan sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata dan adonan menjadi kalis dan bisa di pulung.
  2. Selanjutnya bagi adonan menjadi dua bagian. untuk adonan pertama tambahkan coklat bubuk 1 sendok teh atau secukupnya. untuk adonan kedua biarkan saja berwarna seperti itu. aduk rata adonan sambil di uleni ringan.
  3. Setelah itu tipiskan kedua adonan dengan rolling pin, tumpuk, gulung lalu padatkan. simpan ke dalam kulkas sebentar kurang lebih sekitar 15 menitan yang bertujuan agar adonan lebih padat dan mudah dipotong.
  4. Potong-potong tipis adona, lalu goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api kecil sampai kering dan renyah. angkat, tiriskan lalu simpan ke dalam toples bila sudah dingin.
  5. Kue Kuping Gajah siap untuk disajikan.
  6. Dengan membuat Kue Kuping Gajah sendiri anda dapat mangatur rasa coklat sesuai dengan selera. demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Resep Kue Kuping Gajah Renyah Empuk untuk anda. buka juga artikel resep kue kering lainnya seperti Resep Kue Sagu Keju Enak Renyah dan 4 Resep Kue Kering Lebaran Terbaru Enak yang sayang sekali bila terlewatkan. terimakasih sudah membuka resephariini.com, semoga dengan adanya artikel resep kue kuping gajah ini dapat menambah wawasan anda mengenai resep kue kering lebaran yang enak dan praktis. sekian 
Sumber : Resepharini